P I C K Y P I C K S

C A T H A R S I S
A B O U T

JenovaFM - hey dude, it's nothing about me.

Notifikasi
PickyPicks.net

SEO & Tutorial

Dark Note

Lifestyle & Art

PickyPicks.net hanyalah sebuah website yang unexpected momente dan the best website in town madafakeh ...

SEO: Tips Dasar SEO 2023 Terbaru Untuk Pemula

Published
Author
JENOVAFM
Kategori
SEO
Tips SEO 2023 untuk Pemula

PickyPicks - Optimasi mesin pencari atau bahasa trennya SEO ialah teknik yang bertujuan meningkatkan peringkat website di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan Yandex. Dengan meningkatkan ranking/peringkat website, maka potensei pengunjung yang datang ke website juga akan semakin tinggi dan besar. Namun, bagi para pemula, SEO bisa terlihat rumi dan membingungkan. Oleh karena itu dalam artikel PickyPicks kali ini, saya akan membahas tips dasar SEO 2023 untuk para pemula agar dapat memulai optimasi SEO dengan benar.

1. Memahami Dasar Kaidah SEO

Sebelum memulai optimasi mesin pencari, adalah hal penting untuk memahami dasar-dasar kaidah SEO terlebih dahulu. Pahami bagaimana cara mesin pencari informasi bekerja, bagaimana cara menentukan peringkat/ranking suatu website, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peringkat website. Dengan memahami dasar-dasar SEO, kamu akan lebih mudah memahami teknik-tekknik SEO yang lebih advancecd di tahap selanjutnya.

2. Menentukan Kata Kunci (Keywords)

Sesuai namanya, Kata kunci adalah kata atau frasi yang dicari oleh para pengguna di mesin pencari. Menentukan kata kunci yang tepat adalah hal terpenting dalam optimasi mesin pencari (SEO). Kamu bisa menggunakan beberapa alat bantu seperti Google Keyword Planner untuk menentukan kata kunci yang relevan dan cocok dengan niche website/blog kamu dan memiliki volume pencarian yang cukup tinggi.

3. Memperhatikan Konten

Konten adalah faktor penting dalam SEO, konten yang berkualitas dan relevan akan sangat penting. Pastikan konten di website kamu memberikan nilai tambah bagi para pengunjung dan sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan. Selalu gunakan Semantic SEO untuk menyusun sebuah artikel dengan menggunakan "daftar isi" dan header tag (H1,h2,h3,h4,dll.) dan kata kunci di dalam konten untuk meningkatkan peringkat website mu.

4. Membuat Backlink

Backlink adalah tautan yang mengarah ke website kamu dari website lain. Dalam artian singkatnya, website mu direkomendasikan oleh website lain. Backlink yang berkualitas dapat membantu meningkatkan peringkat website di mesin pencari Google, struktur link yang tepat serta tidak spam adalah Backlink yang berkuatlitas. Membangung backlink dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti guest blogging, blog walking dan juga memanfaatkan situs-situs jejaring sosial yang memiliki jaringan luas (Contoh: Facebook & Twitter).

5. Memperhatikan Optimasi On-Page

Optimasi on-page meliputi semua teknik SEO yang dilakukan di dalam website. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam optimasi on-page adalah struktur URL, Meta tag deskripsi, keyword desinty, kecepatan loading website, UX/UI (Pengalaman Pengguna) dan tampilan, dll. Pastikan kamu mengoptimasikan on-page secara menyeluruh setiap hari agar dapat memahami kinerja website dengan baik.

6. Mengikuti Tren SEO Terbaru

Teknik SEO terus berkembang dan berubah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk mengikuti tren SEO terbaru agar tetap bisa bersaing di mmesin pencari. Ada banyak teknik SEO yang bisa kamu lakukan seperti menggunakan AI untuk penulisan artikel, menganalisa kompetitor menggunakan tools seperti Ahrefs/MOZ, membangun backlink menggunakan tools GSA ataupun RankerX.dsb

Kesimpulan

SEO memang terlihat rumit dan membingungkan apalagi bagi para pemula. Namun, dengan memahami dasar-dasar SEO dan mengikuti tips maupun tren SEO 2023 untuk pemula yang sudah disebutkan diatas, Kamu dapat memulai optimasi website mu dengan SEO yang benar untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari.

Tag :

Share :
Credits: JenovaFM