P I C K Y P I C K S

C A T H A R S I S
A B O U T

JenovaFM - hey dude, it's nothing about me.

Notifikasi
PickyPicks.net

SEO & Tutorial

Dark Note

Lifestyle & Art

PickyPicks.net hanyalah sebuah website yang unexpected momente dan the best website in town madafakeh ...

Filosofi Semesta: Ep. Jawa

Published
Author
JENOVAFM
Kategori
Tulisan
FS: Jawa

Filosofi Semesta: Episode Jawa

PickyPicks - Memahami dasar filosofi dari Jawa - Saka Dasaran (dari dasar). Mari kita menambah wawasan dengan memahami arti dari beberapa kata dari bahasa jawa.

Berikut ini adalah daftar artti dari Filosofi Semesta: Jawa

1. Wayang

Wahaye Sembahyang - Hidup di dunia seudah semestinya melakukan kewajiban yang ada pada setiap kepercayaan masing-masing (agama) salah satunya adalah "sembayang" (sholat). Yang di maksud adalah untuk meminta pengampunan, keselamatan, rejeki dan jodoh dari maha pencipta semesta "Allah".

Warisane Eyang - Artinya hidup ini adalah warisan dari "eyang" (leluhur) secara turun-temurun. Jaga segalanya dari apa yang sudah di ajarkan sejak dulu. Ucapan, tindakan & budaya.

2. Blankon

Gamblang Kelakon - Artinya hidup ini harus terbuka atas tindakannya, menerima segala hal dengan terbuka, ikhlas, toleransi, mengerti & menghormati satu sama lain itu membuat hidup akan menjadi lebih tentram.

Menghindari segala hal yang tidak boleh dilakukan. Mengambil yang bukan hakknya, menghina sesama saudaranya, mencela perbuatan dan lain sebagainya.

3. Batik

Babakan Setitik - Hidup itu melalui sebuah proses dan tidak ada yang instan tentunya. Dikit demi sedikit dari sebuah proses tersebut kita bisa belajar tentang kehidupan dan memahami alam semesta itu sendiri.

Belajar dari sebuah pengalaman yang nyata akan membentuk kita menjadi manusia yang lebih baik.

4. Jawa

Jagate Wangsa - Di kenal sebagai pulau yang memiliki sejarah kerajaan yang mendiunia arti nama jawa itu sendiri mencerminkan hal-hal yang terkandung di alamnya. Mengajarkan kita akan tata krama, gotong royong dan satu kesatuan dalam kehidupan yang damai.

Penutup

Episode kali ini hanya sekedar menjelaskan beberapa istilah yang memiliki arti untuk pengingat akan hidupnya kita di alam semesta. Khususnya tentang beberapa filosofi yang ada di pulau jawa. Akhir kata saya ucapkan terima kasih - Sultan Ahmad Hariansyah

Tag :

Share :
Credits: JenovaFM