P I C K Y P I C K S

C A T H A R S I S
A B O U T

JenovaFM - hey dude, it's nothing about me.

Notifikasi
PickyPicks.net

SEO & Tutorial

Dark Note

Lifestyle & Art

PickyPicks.net hanyalah sebuah website yang unexpected momente dan the best website in town madafakeh ...

SEO: Tutorial Lengkap Cara Index Website Ke Google Tanpa Coding

Published
Author
JENOVAFM
Kategori
SEO
Tutorial Lengkap Index Website Ke Google Tanpa Coding

PickyPicks - Apakah kamu sedang membangun sebuah website/blog ? Tentu kalian pasti mengalami permasalahan dalam index ke Google. Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika masalah ini terjadi ke kalian. Para pakar SEO pun juga mengatakan bahwa hal ini adalah masalah yang fatal bagi mereka.

Nah, untuk menyelesaikan masalah tersebut PickyPicks memiliki solusi terbaik untuk kalian yang sedang kesulitan mengindeks artikel kalian ke Google. Kalian juga tidak perlu memiliki keterampilan coding atau apapun, disini kalian akan belajar bagaiaman cara cepat index website tersebut ke google.

Sebelum itu mari kita siapkan bahan-bahan yang kita perlukan.

  • XAMPP
  • Google Cloud Account
  • CMS Wordpress
  • Plugin Wordpress: Instant Indexing by Rankmath

Berikut tutorial lengkapnya:

1. Menyiapkan Google Cloud Console

Pertama, kalian harus menyiapkan sebuah akun Google Cloud Console, klik disini. Karena pada tutorial kali ini kita memanfaatkan Google Cloud Console sebagai alat utama untuk index website.

Setelah itu, buatlah sebuah Project pada Google Cloud Console dan pergi ke bagian Service Account untuk mendapatkan library Google API Indexing

Langkah-langkah membuat Service Account di Google Cloud Console

1. Create New Project di Google Cloud Console

Membuat Project Baru Di Google Cloud Console

pilih menu Create New Project

2. Isi Nama Project Google Cloud Console

Isikan Nama Project

Isi Nama Project.

3. Buat Sebuah Service Account

Membuat Sebuah Service Account

Klik tombol + Create Service Account.

4. Isi Detail Service Account

Isi Detail Sesuai Form

Isi detail sesuai form.

5. Pilih Role Service Account Sebagai Owner

Pilih Role

Pilih Owner pada opsi pemilihan Role. Untuk step ke-3 bisa kalian lewati saja.

6. Membuat Key Service Account

Membuat Key
Manage Key

Klik tombol ADD KEY dan pilih menu Create New Key. Setelah itu klik menu titik tiga di pojok kanan dan pilih opsi Manage Key

7. Membuat File JSON Service Account

Membuat File JSON

Klik tombol Add Key dan pilih opsi ektensi file JSON.

8. Simpan File JSON Service Account

Save File JSON

File JSON Service Account akan terunduh secara otomatis di komputer/perangkat kalian. Simpan file tersebut dan beri nama baru pada file tersebut agar mudah dicari dan di ingat, misalnya: "indexing.json".

9. Salin Alamat Email Service Account

Sebelum itu jangan sampai lupa untuk menyalin alamat lengkap email dari Service ACcount tadi yang nantinya diperlukan untuk ke Google Search Console.

10. Tambahkan Email Service Account Ke Domain Google Search Console

Tambah Email Ke Domain

Piih properti domain yang akan di gunakan (Bebas meski domain tersebut mmenggunakan Blogger, Wordpress, Joomla maupun CMS lainnya) lalu di bagian menu utama Google Search Console pilih setelan. Klik tambah pegguna di pojok kanan atas lalu tambahkan Email Service Account yang tadi sebagai Pemilik properti domain.

11. Install Google Indexing API

Install Google API Indexing

Saat berada di Google Cloud Console pada kolom pencarian ketika Indexing API lalu pilih produk tersebut untuk kita gunakan.

12. Aktifkan Indexing API di Google Cloud Console

Aktifkan API Indexing

Pada saat memasuki halaman produk Indexing API di Google Cloud Console, aktifkan produk tersebut.

2. Menyiapkan Wordpress di Komputer & Setup Instant Indexing Rankmath

Kedua, yang harus kalian lakukan adalah menginstall wordpress di komputer (jika tidak ingin menginstallnya di server) menggunakan XAMPP dan menginstall plugin Wordpress dari Rankmath yaitu Instant Indexing.

Catatan: Sebenarnya pada tahap ini jika kamu sudah mempunyai sebuah website dengan CMS Wordpress, kamu bisa memanfaatkannya dan tinggal install plugin Rankmath tersebut.

1. Download CMS Wordpress

Download Wordpress

Download CMS Wordpress lalu install di komputer dengan menyalin folder Wordpress yang sudah di download ke folder htdocs di folder utama XAMPP.

2. Install Wordpress

Install Wordpress

Install CMS Wordpress dengan mengakses url di browser "localhost/wordpress" lalu ikuti tahap proses instalasi dari Wordpress.

Catatan: buka "localhost/phpmyadmin" lalu buatlah sebuah database kosong. Untuk default user dan password di XAMPP adalah root dan passwordnya kosong.

3. Install Plugin Rankmath

Install Rankmath

Setelah proses instalasi wordpress selesai, masuk kebagian plugin dan ketik Rankmath kemudian install.

4. Install Instant Indexing for Google by Rankmath

Install Instant Indexing

Ulangi langkah yang sama seperti sebelumnya dan install plugin Instant Indexing tersebut ke wordpress kalian.

5. Setting Instant Indexing Rankmath

Setting Rankmath

Setelah selesai menginstal plugin tersebut, masuk kebagian opsi Rankmath di dashboard Wordpress kalian. Kemudian pada menu Instant Indexing pilih tab Google API Setting, pilih dan upload file json service account yang telah kalian siapkan sebelumnya lalu upload ke Instant Indexing. Jangan lupa untuk meng-centang opsi Posts dan Pages dibawahnya.

3. Sumbit URL Untuk Index Website Secara Cepat

Submit URL Untuk Di Indeks

Ketiga atau langkah terakhir adlah kalian hanya perlu menyalin URL dari artikel/website kalian untuk di index melalui plugin Instan Indexing dari Rankmath di Wordpress tadi.

Jika langkah-langkah yang kalian lakukan benar, maka respon yang akan tampil adalah respon sukses di bawah kolom input instant indexing (lihat gambar).

Penting: Google API Indexing memiliki kuota terbatas setiap harinya untuk submit URL yaitu hanya 200 URL untuk di submit per hari.

Pro Tips: Jika kalian ingin mensubmit website ataupun url yang berbeda untuk di indexing kalian hanya perlu memasukan ulang email service account yang sudah di buat tadi ke properti domain yang kalian inginkan di Google Search Console.

Kesimpulan

Sebenarnnya cara ini tidak harus menginstall Wordpress di komputer, jika kalian tidak memiliki perangkat dekstop maka daftar dan gunakan wordpress secara online melalui perangkat smartphone yang kalian miliki lalu ikuti tutorial diatas.

Kita bisa memasukan semua website yang kita miliki ke Instan Indexing dengan syarat Email Service Account tersebut sudah ditambahkan ke properti pemilik domain di Google Search Console. Tidak ada batasan meski kalian menggunakan Blogger, Wordpress maupun CMS lainnya, disini Wordpress hanya sebagai jembatan saja, asal domain kalian sudah terkoneksi dengan Email Service Account tadi semua bisa di gunakan.

Sekian tutorial SEO untuk permasalahan indexing pada website yang menjadi masalah utama bagi para penggiat SEO dari PickyPicks. Semoga artikel ini bisa membantu kalian me-Ranking artikel secara cepat di Google. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke media sosial kalian, ingat ya!

Salam hangat, PickyPicks

Tag :

Share :
Credits: JenovaFM